Oleh-oleh Khas Batu dari Olahan Apel Batu yang Cocok Dibawa Pulang

apel batu

Kota Wisata Batu terkenal akan hasil pertaniannya yang melimpah. Salah satu yang paling terkenal adalah buah apelnya. Bahkan, apel Batu menjadi salah satu jenis oleh-oleh yang paling banyak dicari oleh para wisatawan. Sayangnya, membawa beberapa kilogram buah apel Batu memang terasa lebih merepotkan karena memakan tempat yang tidak sedikit. Namun, jangan khawatir karena Anda masih bisa membawakan oleh-oleh yang terbuat dari buah apel Batu. Apalagi saat ini sudah banyak gerai oleh-oleh di Kota Wisata Batu yang menjual beragam hasil olahan apel Batu, seperti berikut:

Keripik Apel

apel batu
beepdo.com

Salah satu oleh-oleh yang menggunakan buah apel Batu sebagai bahan bakunya adalah keripik apel. Keripik buah apel Batu ini menjadi salah satu oleh-oleh wajib bagi Anda yang tengah berlibur di Kota Wisata Bau. Berbeda dari keripik tempe yang memiliki rasa gurih, keripik yang terbuat dari daging buah apel ini memiliki rasa yang manis sedikit asam. Selain itu, tekstur dari keripik buah apel Batu ini juga terasa lebih lembut tetapi tetap crispy.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli keripik apel Batu sebagai oleh-oleh, tidak perlu khawatir. Pasalnya banyak gerai-gerai oleh-oleh atau pun toko makanan yang menjual keripik apel dengan harga yang bervariasi. Bahkan, Anda dapat membawa pulang tiga bungkus keripik apel Batu hanya dengan membayarkan Rp 10 ribu saja. Kendati demikian, bagi Anda yang ingin menikmati keripik buah apel premium dapat membawa pulang satu bungkus keripik buah apel Batu dengan kisara harga Rp 10 ribu hingga Rp 25 ribu.

Jenang Apel

apel batu
negerikuindoensia.com

Oleh-oleh berbahan apel Batu lainnya yang wajib untuk Anda ketahui adalah jenang apel. Jenang sendiri merupakan salah satu jajanan tradisional yang biasa dibuat dari tepung ketan. Jajanan khas Jawa yang memiliki rasa legit ini biasa dibuat dengan campuran gula merah. Akan tetapi, Kota Wisata Batu yang terkenal akan buah Apelnya ini memiliki terobosan baru. Tidak ingin hasil pertaniannya terbuang sia-sia, banyak pelaku usaha di Batu yang memanfaatkan buah apel Batu untuk diolah menjadi jenang.

Tidak hanya memiliki rasa yang legit, jenang yang terbuat dari buah apel Batu ini memiliki rasa sedikit asam yang menyegarkan. Selain itu, jenang apel yang berasal dari Kota Wisata Batu ini pun dibedakan menjadi dua jenis, yakni jenang apel Manalagi dan apel Rose Beauty. Sekotak jenang apel Batu sendiri dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu.

Dodol Apel

apel batu
bukalapak.com

Selain keripik dan jenang yang terbuat dari buah apel Batu, Anda juga dapat menemukan olahan lainnya dari buah apel Batu. Ialah dodol yang terbuat dari daging buah apel. Jika biasanya dodol diidentikkan dengan kota Garut, makanan satu ini juga bisa Anda temukan di Kota Wisata Batu. Bicara soal dodo lapel Batu, jenis makanan tradisional satu ini ternyata memiliki varian yang cukup beragam. Bahkan, tidak jarang Anda akan menemukan dodo lapel yang dikombinasikan dengan bahan lain. Misalnya saja dodol apel jahe.

Nah, siapa yang menyangka jika oleh-oleh berupa makanan yang terbuat dari apel Batu sangatlah beragam. Selain lebih praktis, jenis oleh-oleh seperti di atas juga mudah ditemukan di hampir sudut kota Wisata Batu. Namun, sebelum berlibur atau mengunjungi Kota Wisata Batu, tidak ada salahnya untuk memilih tempat meginap yang nyaman. Anda dapat menyewa villa Kota Batu dengan harga terjangkau dengan mengunjungi laman Sewavillabagus.com.

sewavillabagus

Leave a Comment

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Telepon Kami
WhatsApp chat